Proyek Arduino UNO R3: Menyalakan Lampu Rumah(AC) Menggunakan Arduino UNO R3

Manakala mulai belajar arduino, hampir dipastikan setiap pemula arduino akan belajar lebih dulu untuk menyalakan lampu kecil bernama Ligh Emitting Diode atau lebih populer dengan nama lampu LED. Bahkan, pengaturan default arduino sebelum dimasukin oleh proram apapun adalah mampu menyalakan lampu LED berkedip-kedip (blink), pada pin 13. So, menyalakan lampu LED menggunakan arduino adalah persoalan yang sangat mudah. Namun, bagaimana jika yang kita inginkan adalah menyalakan lampu rumah yang bertipe arus bolak - balik (AC) menggunakan arduino ? Jika teman-teman menganggap bahwa cara menyalakan lampu rumah sama dengan menyalakan lampu LED, maka hilangkan anggapan itu. Konyolnya, saya pun awalnya menganggap demikian. Waktu itu, kabel listrik yang telah terhubung pada lampu rumah lansung saya hubungkan dengan pin 13 dan pin GND arduino. Setelah program saya upload dengan menyetel pin 13 sebagai output, maka yang terjadi adalah "nothing", kenapa ? tentu saja tegangan 5 V arduino tidak cukup kuat untuk mengangkat daya pada lampu rumah. Jika kabel saya hubungkan ke sumber tegangan pada listrik rumah ternyata lampu menyala terang. Hal ini wajar saja karena tegangan rumah berdaya menengah dengan kisaran minimal 220 volt. 
Oke, lanjut ke pembahasan inti, sebelumnya persiapkan dulu komponen-komponen yang dibutuhkan, antara lain :

  1. Arduino Uno 
  2. Kabel Jumper
  3. Kabel Listrik + colokan
  4. Lampu Rumah (saya menggunakan lampu 3 Watt) 
  5. Modul relay 
Perhatikan rangkaian berikut, cermati, pahami dan rangkailah....
Proses pemasangan komponen dapat dibedakan menjadi 2, yaitu pemasangan Arduino dan Relay, kemudian Relay dan kabel listrik rumah. Pertama kita pasangkan komponen Arduino - Relay. 
  • pasangkan pin GND pada relay dengan pin GND pada Arduino 
  • pasangkan pin Vcc pada relay dengan pin 5 V pada Arduino 
  • pasangkan pin IN (input) pada relay dengan pin yang teman-teman inginkan pada Arduino, saya memakai pin 13 meskipun contoh pada gambar menggunakan pin 7 
Kemudian memasang komponen Relay - Kabel listrik rumah ; 
  • pasangkan salah satu kabel lampu pada bagian NO relay. 
  • pasangkan yang lain dengan COM relay. 
  • ikuti rangkaian pada gambar, dan jangan takut terbalik antara plus dan minus rangkaian AC, karena tidak ada ketetapan baku. 
Berikut rangkaian yang telah saya buat sesuai dengan petunjuk gambar : 
Kemudian, buat program untuk menyalakan lampu rumah menggunakan arduino. Program yang saya buat adalah arduino mampu memberikan sinyal untuk menyalakan dan mematikan melalui pin Output pada pin 13, sehingga lampu rumah akan menyala dan mati masing-masing dengan delay 1000 ms atau jeda 1 detik. Berikut program selengkapnya : 
Upload program yang telah ditulis pada Arduino Uno, biarkan kabel serial yang terpasang antara Arduino dan USB laptop tetap terpasang, agar Arduino tetap teraliri arus listrik. Sekarang, untuk menyalakan relay, dan agar lampu rumah juga teraliri listrik, tancapkan colokan listrik yang terangkai pada sumber listrik. 
Dan..... lampu rumah pun akan menyala dan mati dengan jeda 1 detik secara berulang-ulang : 
Lampu Menyala

Lampu Mati
Tutorial selengkapnya, akan saya buat dalam bentuk video agar dapat dilihat dan dipelajari secara langsung. Demikian penjelasan singkat saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Catatan :
Rangkaian untuk menyalakan lampu rumah (AC) dengan arduino ini sebagai langkah awal untuk pengembangan pada eksperimen yang lebih kompleks, misalnya : Bagaimana menyalakan lampu rumah dengan device Android via komunikasi bluetooth, atau menyalakan lampu rumah dengan perintah suara melalui device android.
Proyek Arduino UNO R3: Menyalakan Lampu Rumah(AC) Menggunakan Arduino UNO R3 Proyek Arduino UNO R3: Menyalakan Lampu Rumah(AC) Menggunakan Arduino UNO R3 Reviewed by Riki candra on 11:55:00 AM Rating: 5

No comments:

Facebook

Riki Candra. Powered by Blogger.