Cara membuat blog baru gratis di blogger




Sebenarnya membuat blog itu sangat mudah, namun bagi pemula masih sering bingung bagaimana caranya. Semua tergantung keterbiasaan kita dengan blog, Sama halnya dengan Facebook, kita dapat menguasai facebook karena kita sering menggunakanya, begitu juga dengan blog, kita akan menguasainya jika kita setiap hari menggunakannya.

Dibawah ini saya akan membuat tutorial cara bikin blog sendiri gratis tanpa uang sepeserpun dengan menggunakan platform blogger lengkap dengan gambarnya. Selamat mencoba…

Pertama-tama anda harus sudah memiliki akun gmail dulu, jika teman-teman belum memilikinya silahkan kunjungi dulu cara membuat email di gmail.com.

Setelah anda memiliki akun gmail anda sudah bisa mendaftar blog gratis di blogger.
Pertama masuk dulu browser anda dan ketikkan alamat blogger.com seperti gambar dibawah:



Setelah itu klik enter, lalu anda akan masuk ke halaman seperti di bawah ini. Langsung saja masukkan alamat email anda seperti dibawah contohnya saya membuat rikican8@gmail.com.
 

Setelah anda memasukkan alamat email anda dengan benar lalu klik tombol “Berikutnya” yang terletak tepat di bawah alamat email anda.

Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, lalu anda akan disuruh memasukkan password/sandi email anda. Langsung saja masukkan password/sandi anda di kotak yang disediakan tepatnya dibawah email  seperti gambar berikut;


Setelah memasukkan password/sandi anda dengan benar klik tombol masuk yang tepat berada dibawah kotak password anda tadi. Lalu anda dihadapkan ke halaman seperti ini.




Disini anda disuruh memilih opsi profil yang akan digunakan, pilih opsi profil Google+ yang ditandai panah merah dengan mengklik tombol biru dibawahnya yang bertuliskan"Buat profil Google+".

Halaman selanjutnya akan seperti dibawah ini;



Disini anda disuruh membuat profil publik kita di Google plus seperti foto profil anda dan lain-lain, ini bisa anda buat lain kali, maka dari itu kita lewatkan saja bagian ini dengan mengklik tombil "Tingkatkan" yang berada di depan panah merah yang saya buat.

Lalu halaman selanjutnya akan seperti dibawah ini:




Klik tombol lanjutkan yang berada dibawah. dan kita akan berhadapan dengan tampilan seperti berikut.




 Sekali lagi klik tombol lanjutkan, lalu halaman selanjutnya akn seperti dibawah ini.




Klik lagi tombol "Tetap lanjutkan" yang berada didepan panah merah.




Bagian ini anda disuruh mengisi tempat anda bekerja, sekolah dan tempat tinggal kita, sebenarnya bisa anda isi lain kali, maka dari itu langsung saja klik tombol "Selesai" yang berada di bagian paling bawah.

Selanjutnya kita masuk ketampilan seperti dibawah ini.


Jika bahasanya belum menggunakan bahasa indonesia anda bisa merubahnya di bagian yang ditandai panah merah yang berada diatas. Setelah berbahasa indonesia langsung saja  klik tobol yang bertuliskan "Lanjutkan ke blogger".

Dan anda akan masuk ke halaman seperti dibawah ini:
 


Ahirnya kita sampai kehalaman Dasbor , dari halaman inilah anda bisa membuat blog baru anda, klik saja tombol "Buat blog "yang berada di depan panah merah.





Digambar diatas anda disuruh mengisi judul blog, alamat blog anda dan juga tempelate yang ingin anda gunakan.

Carilah alamat blog yang unik dan gampang di ingat orang lain dan kalu bisa alamat blog anda berkaitan dengan topik blog anda, namun jika alamat yang anda tulis sudah digunakan orang lain maka carilah alamat unik lainnya yang belum ada yang menggunakannya seperti contoh yang saya buat :
  • Nama blog ; belajarblogsejagad
  • Alamat : belajarblogsejagad.blogspot.com
  • Tempelate : Sederhana

Kalau alamat blog yang ingin anda gunakan belum ada yang menggunakannya akan ada tanda cokles biru disamping alamat blog anda seperti yang saya buat di atas, lalu klik tombol "buat blog" yang berada di bawah.
Ahirnya selesailah blog anda, dan tampilannya akan seperti dibawah ini:



Disinilah pengaturan-pengaturan dasar blog kita, saya tidak bisa menjelaskan semua sekarang, mungkin di artikel selanjutnya saya akan  menjelaskan semua dengan rinci seperti mengganti tempelate, menambah gadget, membuat halaman dan lain-lain.

Dan yang terahir kita sudah bisa melihat blog yang telah kita buat dengan mengklik tobol Lihat blog yang berada didepan panah merah yang saya buat di bagian paling atas.
Tampilan blog yang telah dibuat akan terlihat seperti dibawa seperti dibawah ini, seperti inilah tampilan blog yang akan dilihat di seluruh dunia;


Selamat blog anda telah jadi... silahkan mengutak-atik blog anda agar anda lebih terbiasa dan menguasainya dengan baik.

Tampilannya masih sangat sederhana dan belum ada konten, navigasi dan lain-lain yang biasanya harus ada dalam sebuah blog , kita bisa mengganti tempelate yang lebih keren dengan mendownloadnya terlebih dahulu di situs penyedia tempelate gratisan seperti  btemplates.com, banyak sekali tempelate gratisan yang bisa kita download disana tinggal pilih sesuai selera kita.

Demikianlah tutorial saya pada hari ini, jika ada yang kurang jelas bisa anda tanyakan di kolom komentar,
Semoga bermanfaat...
Cara membuat blog baru gratis di blogger Cara membuat blog baru gratis di blogger Reviewed by Unknown on 1:22:00 PM Rating: 5

No comments:

Facebook

Riki Candra. Powered by Blogger.