10 Widged Penting dalam Blog



Setiap orang yang memiliki blog terlebih para blogger pasti menginginkan blognya terlihat lengkap dan sempurna dimata pengungjung yang sedang membaca,blog yang terlihat sempurna itu adalah blog yang memiliki widged/gadged yang lengkap, konten yang berkualitas dan juga memiliki tempelate yang bagus.

Baca Juga : Cara Mengganti Tempelate Gratisan di Blogger

Memang tidak bisa dipungkiri, hal yang terpenting dalam sebuah blog adalah kualitas konten blog itu sendiri, Namun blog yang memiliki kualitas konten sekalipun jika tidak didukung dengan widged-widged yang lengkap tidak akan menjamin pengunjung akan betah berlama-lama di blog tersebut. Kadang pembaca bingung menelusuri  blog tersebut jika fasilitas widgednya kurang lengkap dan akhirnya memilih keluar untuk mencari blog yang lebih nyaman, enak dipandang mata dan mudah ditelusuri.

Kita semua pasti tidak menginginkan hal itu terjadi di blog kita, maka dari itu sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita pemilik bog untuk melengkapi widged-widged yang memang dibutuhkan untuk kenyamanan pengunjung.

Dalam hal memilih widged yang akan dipasang di blog, kita juga tidak bisa sembarangan memasang widged-widged yang kurang bermanfaat di blog kita, karena semakin banyak widged yang dipasang maka akan mengakibatkan blog kita semakin berat loadingnya. Yang terpenting arti sebuah widged adalah bagaimana widged tersebut bermanfaat bagi pengunjung sehingga memudahkan dan membuat mereka nyaman ketika singgah di blog kita.

Sebelum kita masuk ke materi inti tentang 10 Widged penting dalam Blog, alangkah baiknya kita tau apa sih sebenarnya arti sebuah widged itu, kita ingin memasang widged tapi akan terasa aneh jika kita sendiri tidak tau apa itu widged.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Online

Apa itu Widged ??
Banyak dari para blogger yang sering memasang widged pada blog, tapi tidak tau apa arti widged itu sendiri. Widged itu merupakan kode portabel biasanya DHTML, JavaScript dan Adobe Flash yang diinstal atau di copy paste dalam suatu  halaman web yang memiliki fungsi tertentu dan menjadi bagian dari web tersebut. Istilah dari widged itu sendiri seperti gadged, badge, module, webjid, aplication, dan masih banyak lagi.

Kegunaan Widged blog
Widged atau gadged blog adalah suatu fasilitas atau alat yang disediakan blog untuk memudahkan pengunjung untuk menganalisa dan menelururi blog kita seperti melihat kategori, melihat artikel terpopuler, menshare artikel ke socila media, melihat artikel terkait dan lain-lain.
Maka dari itu sudah suatu kewajiban bagi seoran pemilik blog  melengkapi widgwd-widgen yang dibutuhkan untuk memanjaka pembaca blognya.

Terdapat banyak sekali jenis widged keren yang memiliki fungsi tertentu yang bisa kita pasang di blog kita seperti widged jam, widged kalender, widged translator, dan lain-lain.

Berikut adalah 10 Widged Penting dalam blog yang akan membuat blog anda terlihat lengkap dari segi fasilitas atau alat di mata pengunjung.

1.Menu Navigasi Horizontal
Menu navigasi horizontal  ini adalah yang terpenting menurut saya, menu ini adalah fasilitas yang wajib... ada dalam sebuah blog dan juga website, dengan adanya menu ini maka akan memudahkan pengunjung untuk menelusuri semua halaman yang ada dalam sebuah blog ataupun website. Jika tidak ada menu ini maka blog seakan seperti rumah tanpa pintu dan jendela.

Gambar menu navigasi horizontal

2.Popular Post (Artikel Terpopuler)
Popular post atau artikel terpopuler adalah widged yang berguna untuk menampilkan dan mempromosikan artikel terpopuler dalam sebuah blog kepada pengunjung, sehingga pengunjung bisa mengetahui artikel apa sih yang paling sering dibaca orang lain di blog ini, dan mungkin dia juga akan tertarik untuk membaca artikel tersebut.

Gambar Popular post

3.Related Post (Artikel Terkait)
Related post atau artikel terkait adalah widged yang biasnya ada pada ujung atau paling bawah sebuah postingan, related post berguna untuk menunjukkan atau manawarkan artikel-artikel yang masih berkaitan denga artikel yang telah dibaca tersebut sehingga membuat pengunjung berniat untuk membacanya juga.

Gambar Related Post
 
Baca juga : Cara Membuat Email di Gmail


4.Recent Post (Artikel Terbaru)
Recent Post adalah widged yang menampilkan artikel terbaru atau terhangat dalam sebuah blog. Walaupun dihalaman utama sebenarnya telah ditampilkan urutan postingan terbaru tetapi saat pengunjung datang tidak melalui halaman utama Recent post berguna menjadi petunjuk bagi para pengunjung.

Gambar Recent Post

5.Label (Kategori)
Label atau kategori adalah widged atau alat yang memudahkan pengunjung untuk melihat semua kategori didalam sebuah blog sehingga pembaca tidak bingung untuk mencari artikel yang dicarinya dalam blog tersebut.

Gambar Label


6.Arsip Blog (Daftar isi)
Widged ini mengelompokkan postingan dalam bulan tertentu (sesuai pengaturan yang dibuat, bisa bulan,minggu atau tahun), misalnya postingan yang dilakukan dibulan January, February dan lain-lain. Namun ada optimasi yang harus anda lakukan, jangan asal menggunakan widged ini, pilih model Plat List agar tidak ada Eror dalam blog anda karna widged ini.

Gambar Arsip Blog

7.Social Bookmark (Button share)
Widged Socila boomark berfungsi untuk mempublishkan postingan sebuah blog ke socila media seperti Faceebok, Twitter, Google+, LinkedIn, Pinterest dan lain-lain. Jika di klik maka artikel anda akan otomatis di share ke socila media orang yang mengkliknya, ini bisa membawa manfaat yang baik untuk blog anda yaitu trafik anda akan bertambah dan posisi pada Google akan naik juga.

Gambar Socila Bookmark

Baca Juga : Cara buat blog baru gratis di blogger


8.Mesin Telusur Blog
Mesin telusur blog disebut juga kotak pencarian, yaitu sebuah mesin telusur di blog yang berguna untuk membantu pembaca melakukan pencarian terhadap semua postingan di blog kita dengan cepat. Misalnya jika pengunjung ungin mencari sebuah informasi yang tidak terlihat di daftar   Arsip blog, maka pembaca bisa melakukan pencarian di mesin telusur ini, dengan cara mengetikkan judul postingan dalam mesin telusur dan meng-enternya maka secara otomatis blog menampilkan post yang sesuai dengan judul yang di cari.

Gambar Mesin Telusur Blog

9.Counter Blog
Counter blog berguna untuk menampilkan jumlah pengunjung blog kita, berapa pengunjung hari ini, total pengujung blog, jumlah halaman yang dibuka sekaligus melihat jumlah pengunjung yang sedang online di halaman blog kita. Pada umumnya orang menggunakan histasts, Jika anda ingin mendaftar ke histats silahkan berkunjung ke http://www.histats.com.

Gambar Counter Blog
10.Alexa Range
Widged terahir adalah Alexa Range, widged ini terlihat tidak terlalu berguna untuk pengunjung tapi jika pengjunjung melihat Alexa Range anda yang tinggi maka blog anda akan terlihat prifesional, jadi pintar-pintarlag meningkatkan Alexa Range anda.

Gambar Alexa Range



Jika blog anda sudah memasang kesepuluh widged di atas maka blog anda sudah nyaris lengkap menurut saya, tinggal memaksimalkan kontennya saja maka blog anda akan menjadi blog keren dan istimewa dimata pengunjung.
Tidak semua widged bermanfaat bagi pengunjung spert widged jam, widged kalender tidak perlu dipasang di blog anda karena hanya akan menambah beban loading blog, toh para pembaca juga punya jam kok di hp atau di dinding rumah mereka, jadi tidak akan terlalu berguna menurut saya.

Demikianlah artikel saya mengenai  10 Widged Penting dalam Blog, semoga ini bermanfaat untuk anda dan jika ada yang kurang menurut anda bisa anda tambah di kolom komentar, Terimakasih...



Baca Juga : Cara membuat pengaturan dasar di Blogger


10 Widged Penting dalam Blog 10 Widged Penting dalam Blog Reviewed by Unknown on 3:24:00 AM Rating: 5

No comments:

Facebook

Riki Candra. Powered by Blogger.