Cara memperbaiki HP Android yang sering hang





Sering kali saya mengalami keadaan heng pada smartphone android saya yang membuat saya jengkel dan kesal, kadang saya ingin membanting hp saya namun sayang juga rasanya kalau di banting,,, hehe. Ahirnya saya mencoba mencari-cari tutorial cara memperbaiki android heng di internet dan ahirnya saya menemukan, saya coba dan ahirnya berhasil juga. Karna itu saya juga ingin berbagi kepada teman-teman sekalian yang mungkin memiliki masalah yang sama dengan saya, semoga saja ini membantu.



Smartphone Android dapat dengan mudah kita kostumisasi. Dengan kebebasan yang diberikannya, kita dapat bereksperimen dengan smartphone yang satu ini. Salah satu akibat yang tidak dapat dihindari adalah terkadang smartphone Android anda dapat mengalami masalah terkait dengan sistem. Bisa jadi tiba-tiba handphone anda mati, atau kadang restart sendiri, kehilangan data dan bahkan beberapa fitur jadi tidak berfungsi. Kabar baiknya, ada beberapa cara untuk memperbaiki sistem Android yang rusak.

Android memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi sistem operasinya. Kalau anda bersedia mengutak-ngatik sistem operasi Android, maka anda dapat melakukan beberapa hal yang dapat memperbaiki gagal sistem yang mungkin terjadi.

Cara-cara ini tidak direkomendasikan bagi anda yang masih 'newbie' di dunia Android. Masih ada beberapa cara lain yang lebih mudah jika handphone anda tidak mengalami masalah berat.

Safe Mode
Karena ROM Android dapat dikostumisasi, maka metode ini tidak dapat digunakan jika anda menggunakan ROM non-standard. Nah, pertama anda perlu melakukan pemeriksaan, apakah ROM anda memiliki Safe Mode. Jika ada, maka thread forum yang sesuai dengan ROM anda biasanya akan membahas cara mengaksesnya.


Sebagian besar OS memiliki 'safe mode' dimana sistem dijalankan tanpa menjalankan apps pihak ketiga. Dengan kata lain, software yang dijalankan hanya software standard bawaan. Kurang lebih sama seperti pada Windows Safe Mode.

Safe Mode sangat berguna jika operasi sistem anda mengalami error atau masalah dan anda tidak mengetahui pasti apakah hal itu disebabkan oleh system atau apps. Safe Mode juga berguna apabila device anda mengalami masalah karena suatu apps tertentu.

Cara Boot Safe Mode Android (versi 4.1+)

  • Tekan dan tahan tombol Power di bagian samping handphone sampai muncul popup
  • Di menu yang muncul, tahan tombol Power sampai muncul popup
  • Tap OK untuk Reboot into Safe Mode
  • Nah, sekarang handphone android anda beroperasi dalam Safe Mode.

Cara Boot Safe Mode Android (versi 4.0 ke bawah)

  • Matikan handphone android anda
  • Saat anda melihat logo boot screen, tahan tombol Volume + dan – secara bersamaan hingga selesai booting
  • Handphone Android anda sekarang beroperasi dalam Safe Mode.


Factory Reset
Sebelum menjalankan Factory Reset, pastikan untuk melakukan backup data penting dari handphone. Sebagai peringatan, melakukan Factory Reset pada device dengan ROM non-standard mungkin akan menyebabkan beberapa hal yang tidak terduga. Lakukan hanya jika anda siap dengan resikonya.

Jika handphone android anda bermasalah dan anda sudah mencoba berbagai cara mudah untuk memperbaikinya, maka pilihan terakhir adalah dengan menjalankan Factory Reset seperti yang telah saya lakukan juga dan berhasil. Pada dasarnya, factory reset akan mengembalikan keadaan handphone anda pada kondisi awal saat pertama kali meninggalkan pabrik. Anda bahkan bisa menjalankan Factory Reset ketika handphone anda mati total.

Jika handphone dalam keadaan nyala, anda bisa menjalankan Factory reset dari dalam menu OS.

  • Buka Android Settings anda
  • Pilih Backup & Reset (jika menggunakan Android 2.3 ke bawah, pilih Privacy)
  • Pilih Factory Data Reset


Jika handphone android tidak bisa nyala, anda perlu Boot Recovery Mode. Sama seperti Safe Mode, Recovery Mode merupakan booting khusus yang memungkinkan anda menggunakan OS untuk tujuan tertentu. Secara khusus, Recovery Mode digunakan untuk mengakses sistem di bawah OS.
Sayangnya, proses Recovery Mode berbeda-beda untuk setiap device, tergantung pembuat dan tipenya.

Di bawah adalah beberapa metode untuk mengakses Recovery Mode Android :

  • Tekan dan tahan tombol Volume +, volume – dan Power secara bersamaan
  • Tekan dan tahan tombol volume +, Home dan Power secara bersamaan
  • Tekan dan tahan tombol Home dan Power bersamaan


Jika cara di atas tidak ada yang bekerja, coba cek di buku manual anda atau searching di Mbah Google seperti yang saya lakukan.

Nah, setelah handphone beroperasi dalam Recovery Mode, anda akan melihat menu yang mirip dengan tampilan command line. Gunakan tombol volume (+ dan -) untuk navigasi, arahkan ke 'Factory Reset' atau 'Wipe Data'.

Restore Backup

Backup merupakan aspek penting, dimana kamu menyimpan data seperti pesan, dokumen, kontak dll. Maka sangat penting bagi kamu untuk memiliki backup data handphone android kamu sebelum terlambat.
Terdapat beberapa apps yang dapat membantu kamu dalam proses backup data :

  • Titanium Backup
  • GO Backup



Kesimpulan 



Gunakan 3 metode diatas untuk menyelamatkan Android kamu. Jika mengalami masalah, jalankan Safe Mode. Apabila masih mengalami masalah, jalankan Factory Reset dan jika anda memiliki backup data, anda tidak akan banyak mengalami kerugian. 



Nah, kalau android anda masih bermasalah setelah melakukan metode diatas, kemungkinan besar hardware anda yang bermasalah. Solusinya? Bawa ke service center untuk mengetahui kerusakannya.  


Cara memperbaiki HP Android yang sering hang Cara memperbaiki HP Android yang sering hang Reviewed by Unknown on 7:59:00 PM Rating: 5

1 comment:

Riki said...

iya gan,, sama-sama,,,:)

Facebook

Riki Candra. Powered by Blogger.